Jumat, 03 Agustus 2012

Perilaku Buruk Perusak Hidup Anda

 Bagaimanapun manusia hidup, pastilah memiliki sisi kepribadian yang berbeda dari manusia lainnya.
Perilaku yang baik, akan membuahkan hasil yang baik. Tapi perilaku yang buruk, siapkah anda menanggung hasil yang buruk juga? Cek dibawah ini, untuk mengetahui perilaku buruk apa saja yang bisa merusak hidup anda.

1. Malas

Malas kadangkala hadir di tengah-tengah aktifitas yang seharusnya anda lakukan saat itu juga. Akhirnya anda pun terkesan menunda-nunda dan mengabaikan pekerjaan tersebut. Sesungguhnya, itu bukanlah hal yang baik. Cobalah untuk memotivasi diri sendiri, agar malas yang anda rasakan tidak berkepanjangan.  Bagaimana caranya? Cobalah untuk berangan-angan, apabila anda mampu memenuhi target yang ditentukan, anda bisa naik jabatan, membeli rumah baru, dan mengencani wanita yang ingin anda kencani.

2. Emosional yang tinggi

Perilaku sensitif yang ada pada diri seseorang, pastilah ada. Hanya, bagaimana cara anda untuk mengontrolnya, mungkin itulah yang sulit. Tapi coba anda pikirkan, apakah dengan marah bisa  membuahkan hasil seperti yang anda harapkan ? Mudah marah, selain memberikan kesan buruk, juga bisa mengganggu kesehatan anda. Sebaiknya, tarik napas dalam-dalam sebelum anda meledakkan amarah itu.

3. Hawa nafsu

Nah, untuk yang satu ini sepertinya cukup berat. Siapa orang di dunia ini yang tidak akan tergoda dengan wanita cantik, maupun pria tampan ? Hawa nafsu yang dimaksud adalah ketika perasaan itu muncul kepada seseorang yang belum menjadi hak kita. Dalam Islam dikatakan muhrimnya. Tidak sulit, jika anda bisa menghargai pribadi seseorang, hubungan yang anda jalani akan baik-baik saja. Juga, jauhkan diri anda dari lingkungan yang memberikan pengaruh buruk terhadap kelangsungan hidup anda.

4. Serakah

Gila harta dan gila jabatan, membuat anda seolah-olah telah dibutakan dengan kekuasaan yang menjanjikan. Orang serakah, tidak akan pernah puas dengan apa yang telah ia dapatkan. Tidak pernah sekalipun mensyukuri atas apa yang telah ia miliki. Seringkali ia pun rela melakukan apa saja demi memenuhi keinginannya itu. Membunuh dan merampok, seakan mereka tidak pernah jera, walau sudah kedapatan berkali-kali. Untuk menyadarkannya, cobalah untuk berada di lingkungan yang bisa memberikan pengaruh positif, contohnya tempat ibadah. Dan ingatlah, yang berharga dalam diri anda bukan hanya uang, melainkan keluarga dan diri anda sendiri.

5. Iri hati

Sifat iri hati muncul karena anda tidak suka ketika orang lain lebih sukses dari anda. Lebih mapan, dan lebih segalanya. Inilah yang menjadikan seseorang terdorong untuk melakukan tindak kejahatan. Dia mungkin lebih kaya, tapi tidak lebih bahagia dari anda. Jangan terfokus pada kekurangan, karena itu akan menjauhkan anda dari nikmat yang telah Tuhan berikan.

6. Egois

Egois atau ingin menang sendiri, merupakan sikap dimana anda lebih mementingkan kepentingan pribadi dibanding orang lain. Manusia adalah makhluk sosial, anda tentu tahu itu. Artinya, anda pun tidak mungkin bisa berdiri seperti sekarang tanpa dukungan dari orang-orang disekeliling anda. Mereka terlalu banyak mengalah demi kebahagiaan anda. Sampai kapan anda bersikap seperti itu ? Bukankah sekarang saatnya anda membalas budi baik mereka ?

Mulai saat ini, hindarilah perilaku buruk yang akan merusak hidup anda. Dan mulailah membenahi diri demi kehidupan yang lebih baik.

(Mira)

0 komentar:

Posting Komentar