Kamis, 09 Agustus 2012

Makam Pahlawan Nasional, Nyi Ageng Serang

Nyi Ageng Serang, namanya mungkin tidak sepopuler dengan R.A. Kartini ataupun Cut Nyak Dhien. Tapi beliau adalah salah satu pahlawan nasional yang telah berjasa pada negeri ini. Nyi Ageng Serang memiliki nama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi, dilahirkan di Serang, Purwodadi, Jawa Tengah pada tahun 1752 dan gugur di Yogyakarta pada tahun 1828.

Nyi Ageng Serang adalah putri dari pangeran Natapraja yang menguasai wilayah terpencil dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang.(perbatasan Grobogan-Sragen). Setelah ayahnya wafat Nyi Ageng Serang menggantikan kedudukan ayahnya. Nyi Ageng Serang merupakan salah satu keturunan dari Sunan Kalijaga, dan beliau juga memiliki keturunan seorang pahlawan nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Nyi Ageng Serang wafat dan dimakamkan di Kulonprogo, Yogyakarta. Makam pahlawan nasional Nyi Ageng Serang yang menjadi salah satu obyek wisata sejarah di Kulonprogo ini terletak di Desa Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo. Untuk mengenang jasa beliau, warga Kulonprogo juga membangun monumen Nyi Ageng Serang di tengah kota Wates berupa patung beliau yang sedang menaiki kuda dan membawa tombak dengan gagah berani. Hingga kini banyak peziarah yang datang berziarah ke makam pahlawan nasional Nyi Ageng Serang yang datang dari berbagai daerah.

0 komentar:

Posting Komentar