Selasa, 03 April 2012

Tips Sehat dalam Memakai Laptop

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pemakai laptop atau notebook pun semakin bertambah, baik yang digunakan untuk bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Beragam profesi sekarang mengharuskan para pegawai untuk bekerja berjam-jam di depan laptop maupun komputer. Jika tidak berhati-hati, berkativitas di depan notebook dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, baik itu untuk mata, punggung, leher, maupun tangan. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa cara sehat dalam bekerja dengan notebook.

 Beberapa tip untuk menghindari efek buruk dari bekerja di depan laptop:

  •     Pilih layar lebar. Jika anda menggunakan laptop di rumah atau di kantor dan tidak terlalu mobile, pilihlah laptop yang ukuran layarnya paling besar. Dengan demikian mata anda dapat lebih rileks dalam membaca tulisan di layar, juga tidak akan terlalu menyulitkan dalam mengatur postur tubuh yang ideal. Selain itu laptop dengan dimensi besar pasti ukuran keyboardnya juga lebih besar, yang akan lebih nyaman untuk tangan.
  •     Gunakan filter pada layar. Sering-seringlah berkedip untuk menjaga agar mata tidak kering.
  •     Posisikan laptop sehingga ujung paling atasnya sejajar dengan mata. Jaga postur leher agar berada lurus dengan punggung.
  •     Pakai mouse dan keyboard terpisah, hal ini akan memungkinkan anda mengambil jarak yang lebih jauh dari layar laptop. Mouse yang dipakai di sisi laptop juga akan lebih baik bagi pergelangan tangan ketimbang memakai touchpad.
  •     Ketika menggunakan keyboard, pastikan anda tidak menekuk pergelangan tangan, baik itu ke samping maupun ke atas-bawah (lihat gambar di bawah). Posisikan siku anda membentuk sudut 90ยบ dari keyboard.keyboard hand position Tips Sehat dalam Memakai Laptop
 
  •     Istirahatlah sejenak setiap dua jam sekali. Ketika sedang break, lakukan olahraga ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Selain itu istirahatkan juga mata selama 1-2 menit setiap setengah jam sekali.
  •     Gunakan kursi yang nyaman dan bisa diatur ketinggiannya. Selain itu pilih kursi yang ada sandaran punggunnya. Duduklah dengan posisi lutut sejajar dengan pinggul dan punggung tegak lurus dengan paha. 
 
  •     Jangan pernah menaruh laptop di pangkuan anda. Posisi ini tidak baik bagi leher yang harus terus-menerus menunduk untuk melihat layar. Selain itu panas yang dihasilkan laptop juga tidak baik bagi kesehatan organ reproduksi, khususnya untuk pria.
Sumber : http://anythingcool.net

0 komentar:

Posting Komentar