Senin, 26 Maret 2012

Candi - Candi di Yogyakarta

Candi - candi di Yogyakarta berikut ini adalah sebagian dari candi - candi yang ada di Indonesia. Mungkin selama ini ada di antara anda yang belum mengenal ataupun bahkan belum mengunjungi candi - candi tersebut. Peninggalan sejarah yang maha agung dan layak dilestarikan selain kita banggakan. Mari kita lebih mengenal peninggalan sejarah untuk menambah pengetahuan kita dan semakin membuat kita cinta kepada budaya Indonesia yang tiada duanya.

CANDI GEBANG

Candi Gebang Hindu merupakan warisan dari abad ke - 7 Masehi dan diperkirakan dibangun juga oleh raja dari Wangsa Sanjaya. Candi ini memiliki beberapa kualitas khusus. Candi Gebang terletak di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.

CANDI BARONG

Candi Barong merupakan peninggalan Agama Hindu yang terletak di dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Candi ini berdekatan dengan situs Ratu Boko.

CANDI BANYUNIBO


Banyu Nibo berarti “Air Menetes”. Ini merupakan warisan Budha dari abad 9. Karena terletak jauh dari candi Budha lainnya di daerah terpencil di tengah sawah, maka orang - orang menyebutnya sebagai “Si Sebatang Kara Banyu Nibo”

CANDI PRAMBANAN


Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yang berketinggian 47 m dan dikelilingi oleh candi kecil yang disebut Perwara. Terletak 17 km dari Yogyakarta, Candi Prambanan merupakan peninggalan dari Agama Hindu dari abad IX. Buka Senin - Minggu ( 09.00 - 17.00 WIB )

CANDI SEWU


Candi Sewu terletak beberapa ratus meter sebelah timur Candi Prambanan. Selain besar dan luas, candi Budha ini mencakup beberapa candi kecil lainnya seperti Lumbung, Asu, Bubrah, dan Candi Lor Kulon

CANDI KRATON RATU BOKO


Terletak 3 km arah selatan dari Candi Prambanan. Kompleks bangunan candi ini terdiri dari gapura, sebuah candi pembakaran, Paseban ( balai ). Pendapa dan kompleks pemandian Keputren.

CANDI SAMBISARI


Terletak 12 km dari Yogyakarta di Desa Sambisari, candi ini ditemukan pada tahun 1966. Berdasarkan penelitian geologis ditemukan bahwa 6 meter candi ini terkubur oleh ledakan bahan Gunung Merapi di tahun 1006. Buka setiap hari pukul 09.00 - 17.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar