Senin, 18 Maret 2013

6 Hal yang Menyebabkan Penuaan Kulit

Banyak faktor yang mempengaruhi kulit terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, salah satunya merokok dan tidak menggunakan sunblock. Hal - hal berikut ini dapat menyebabkan hilangnya kekenyalan dan kelembutan kulit anda, yaitu:

1. Gula berlebih

Bersikap bijak dalam memilih makanan merupakan salah satu hal yang penting. Makanan dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan kulit terlihat lebih tua karena ketika masuk ke dalam tubuh gula akan dipecah menjadi glukosa yang akan membuat kolagen dalam kulit bertambah keras dan dapat mengurangi kelenturan kulit. Sehingga pilihlah makanan dengan kadar gula yang rendah sebagai camilan manis, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

2. Duduk dekat jendela

Sinar UV diketahui memiliki gelombang yang panjang dan dapat menembus jendela kaca sehingga kulit masih dapat terpengaruh oleh sinar matahari meskipun sudah diolesi sunblock. Untuk mengatasinya oleskan sunblock berulang-ulang untuk mengurangi efek yang ditimbulkan.

3. Stres

Salah satu hal yang mempengaruhi kekenyalan kulit yaitu stres, karena dapat mempengaruhi hormon untuk membentuk enzim yang dapat memecah kolagen dan elastin sehingga kulit akan terlihat menua. Untuk memperbaiki stres anda dapat melakukan yoga dan memperbaiki kualitas tidur anda.

4. Melewatkan jam tidur

Tidur mempunyai peranan yang sangat penting, disaat anda kurang tidur kulit dapat terlihat lebih tua karena proses regenerasi kulit juga terjadi disaat anda tidur. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur anda di malam atau siang hari.

5. Salah pilih produk “anti-aging”

Jenis kulit anda sangat berpengaruh terhadap produk anti-aging yang akan digunakan. Sebaiknya cek kembali komposisi dari produk anti-aging sebelum digunakan dan konsultasikan dengan dokter kulit anda. Cukupi juga kebutuhan nutrisi anda dari makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Tinggal di perkotaan

Radikal bebas yang terdapat dalam polusi bisa menciptakan MMPs senyawa yang bisa mengecah kolagen dan elastin sehingga dapat membuat kulit anda menua lebih cepat. Dan untuk menghindari hal tersebut rawatlah kulit anda dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin C dan E.

0 komentar:

Posting Komentar