Rabu, 20 Maret 2013

Tips & Trik Photoshop: Retouch Wajah Berminyak

Wajah berminyak bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang, terutama yang sehari-harinya bertemu dengan banyak relasi atau berhadapan dengan kamera. Karena wajah berminyak sama artinya harus melakukan touch up berulang kali; menambahkan bedak setiap kali minyak di wajah mulai muncul.

Tetapi apa jadinya kalau sudah terlanjur difoto dan wajah sedang sangat berminyak. Dengan berbekal Adobe Photoshop, kini wajah berminyak dalam foto bukan masalah lagi. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer. Zoom in foto hingga area wajah yang berminyak terlihat lebih fokus dan detail, namun tidak perlu terlalu dekat. Pastikan supaya area yang diperbesar tetap mencakup keseluruhan wajah, sehingga akan memudahkan ketika melihat hasil editan.



Klik Healing Brush Tool, cara penggunaannya sama persis dengan Clone Stamp Tool. Pilih (kloning) area yang bersih dari noda/minyak (tanda + di dalam lingkaran menandakan kursor siap digunakan untuk mencap; lihat gambar), lalu cap di area wajah yang bernoda/berminyak.

Lebih detailnya tentang penggunaan Clone Stamp Tool bisa dibaca di sini.Sesuaikan besar kuasnya dengan ukuran wajah, gunakan kuas berukuran tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Lakukan heal sedikit demi sedikit untuk hasil yang lebih rapi.



Hasil jadinya bisa dilihat pada foto di atas.



Penutup

Teknik ini bisa juga diaplikasikan sebagai alternatif penggunaan Clone Stamp Tool dalam menghilangkan jerawat atau noda hitam di wajah akibat bekas jerawat atau luka. Selamat mencoba!

Sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar