Senin, 18 Maret 2013

Inilah Nutrisi Hebat yang Ada Pada Yogurt!

Yogurt sering dimasukkan dalam daftar makanan menyehatkan yang penting dikonsumsi. Produk olahan susu ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebenarnya, apa saja gizi yang terkandung dalam yogurt sehingga makanan ini baik bagi kesehatan?

Menurut Live Strong (21/10/10), satu cup yogurt full fat berukuran 227 gram mengandung 138 kalori, 7 gram lemak, dan 8 gram protein. Di dalamnya juga terdapat 11 gram karbohidrat, 104 mg sodium, dan 30 mg kolesterol. Sementara itu, yogurt rendah lemak mengandung 143 kalori dan 4 gram lemak. Protein dan karbohidratnya lebih tinggi, yakni 12 gram dan 16 gram berturut-turut.

Yogurt rendah lemak lebih banyak mengandung kalsium dan fosfor dibanding yogurt full fat. Kalsiumnya 415 mg dan fosfornya 327 mg, sementara yogurt full fat memiliki 275 mg kalsium dan 216 mg fosfor.

Masih banyak mineral yang terkandung dalam kedua jenis yogurt tersebut, yakni magnesium, potassium, zat besi, zinc, selenium, dan fluoride. Selain itu, adapula macam-macam vitamin, seperti vitamin A, C, B6, B12, E, dan K, serta asam pantotenat, niacin, thiamin, riboflavin, kolin, dan folat.

Yogurt adalah produk fermentasi susu yang mengandung bakteri hidup yang menguntungkan bagi tubuh. Fungsinya adalah sebagai probiotik yang berkoloni di usus dan melindungi saluran pencernaan dari serbuan bakteri jahat.

Yogurt bisa mengandung satu jenis bakteri atau lebih. Di antaranya lactobacillus casei, bifidobacterium lactis, streptococcus thermophilus, dan lactobacillus acidophilus. Untuk mendapat manfaat optimalnya, sebaiknya yogurt mengandung lebih dari 100 juta live active culture atau kultur aktif yang hidup per gramnya.

Karena kandungannya itulah, yogurt sering dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Menurut World's Healthiest Foods, yogurt bisa menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan imunitas, serta melindungi dari maag dan beberapa jenis kanker.

Yogurt juga baik untuk kesehatan tulang. Selain berkat kalsiumnya, di dalamnya juga terkandung protein lactoferrin yang berperan dalam pertumbuhan dan aktivitas sel pembangun tulang.

Dibanding produk olahan susu lain, yogurt cenderung lebih mudah dicerna. Frozen yogurt memiliki beberapa manfaat dari yogurt biasa, namun koloni bakterinya lebih sedikit. Yogurt juga sering dipakai dalam masakan India. Bagaimanapun juga, proses pemanasan dapat menghancurkan koloni bakteri yang bermanfaat.

Sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar