Rabu, 20 Maret 2013

Tips Kelola Kas yang Minim di Awal Berwirausaha

Faktor dalam kemampuan melakukan pengelolaan budget adalah bagian dari kepandaian manajemen, yang disebut skill manajerial. Itu merupakan bagian dari kerangka yang semenjak awal harus dirumuskan, terkait dengan pola anggaran dan budget usaha.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa di permulaan bisnis pasti akan ada kondisi di mana biaya akan lebih besar keluar untuk promosi dan mendapatkan pelanggan ditambah dengan operasional, dibandingkan dengan pemasukan. Namun tidak perlu berkecil hati, karena siklus alamiah bisnis seperti itu. Yang perlu disiapkan adalah kerangka kerja yang sistematik dalam membangun basis pelanggan.

Pada sisi lain, sebenarnya pilihan berpromosi bisa di-setting sesuai dengan kapasitas yang kita miliki. Toh tidak semua bentuk pemasaran yang besar-besaran berdampak positif terhadap kenaikan penjualan secara langsung. Pada titik itulah, sebagai pengelola usaha (aspek manajerial skill) sangat dibutuhkan.

Terkait dengan pemasaran khususnya, bisa dilakukan banyak hal/ skema dalam upaya promosi produk. Seperti misalnya pemberian diskon atas pembelian produk, atau sampling gratis untuk beberapa pelanggan pertama, memberikan voucher belanja sebagai hadiah dalam suatu kegiatan, dll. Termasuk di dalamnya melakukan promosi di dunia maya, baik dengan social marketing multimedia seperti kanal jual-beli, situs diskon, hingga social media seperti FB, Twitter, Email Blast atau SMS dan BB Blast.

Bersamaan dengan hal tersebut, penguatan struktur layanan merupakan hal yang terutama, karena yang menjadi terpenting yakni kepuasan pelanggan yang kemudian akan bertindak sebagai pemasar atas produk kita. Ingat selalu bahwa pelanggan yang puas akan memberikan referensi belanjanya kepada lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, menjadi penting untuk dipastikan agar pelayanan tetap baik selaras dengan promosi yang dilakukan.

Semoga dapat membantu memberikan pencerahan. Pada prinsipnya, kemampuan bisnis ditopang oleh inovasi dan kreativitas pemasaran. Sehingga biaya promosi dapat ditekan dan berfokus pada biaya operasional, namun tetap dapat memasarkan produk/ jasa yang ditawarkan secara meluas karena pilihan media promosi terdiri dari berbagai macam dari yang gratisan hingga berbayar.

0 komentar:

Posting Komentar