Selasa, 21 Januari 2014

Sinar Matahari mampu Turunkan Tekanan Darah

Seperti dilansir dari redorbit.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Southampton dan Edinburgh mengatakan bahwa berjemur di bawah sinar matahari mampu membantu mengurangi tekanan darah Anda dan juga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Investigative Dermatology ini menunjukkan bahwa sinar matahari mampu mengubah oksidan nitrat (NO) di dalam kulit dan darah menjadi lebih kecil. Proses ini bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.

“Oksidan Nitrat (NO) jumlahnya sangat melimpah di kulit. Senyawa ini bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Ketika terkena sinar matahari, NO menjadi senyawa yang lebih kecil dan kemudian ditransfer dari kulit memasuki aliran darah. Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah,” jelas Martin Feelisch, salah satu profesor yang terlibat dalam penelitian ini.

Dalam penelitian ini, dilibatkan sekitar 24 orang yang kemudian diminta untuk berjemur selama 20 menit setiap hari di bawah sinar matahari pagi. Hasilnya, pembuluh darah yang terpapar sinar matahari akan melebar dan secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah.

0 komentar:

Posting Komentar