Kamis, 22 Maret 2012

Sejarah Perkembangan Komputer


SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan teknologi pada saat ini begitu sangat pesat.tapi kebanyakan dari kita belum tahu asal muasalnya gimana dan seperti apa?. Perkembangan computer juga ada sejarahnya. Dan ternyata ada lima generasi dalam sejarah perkembangan komputer. Dari generasi pertama hingga generasi ke lima terjabar dalam artikel dibawah ini.
Perkembangan computer generasi pertama:
1.       Pada tahun 1941, seorang insinyur jerman – Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3.
2.        Pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman.
3.       Iinsinyur Harvard – Howard H.Aiken (1900-1973) dari pihak Amerika yang bekerja dengan IBM pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC
4.       Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC).
5.       Tahun 1951, Remington Rand mendesain UNIVAC I (Universal Automatic Computer I).
Perkembangan computer generasi kedua:
Dimulai pada tahun 1948. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer.  Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.
Perkembangan computer generasi ketiga:
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Disamping itu para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Perkembangan computer generasi keempat:
1.      Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
2.      Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum,yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
3.      Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC).
4.      Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Perkembangan computer generasi kelima:
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.


Oleh :
Rahayu nur fitrianingsih
Mhs. STMIK EL-RAHMA
Yogyakarta

253799_174074342654243_100001550341092_437804_6202613_n.jpg

0 komentar:

Posting Komentar